
SIDOMULYO, 17 Juli 2025 – Kegiatan asesmen inklusif jenjang sekolah dasar, Kamis, (17/7) yang diadakan di UPT. SD Negeri 16 Sido Mulyo, dihadiri oleh Kabid pembinaaan SD, Pengawas SD, Ketua K3S, serta melibatkan psikolog profesional, dan disambut dengan penampilan silat oleh siswa UPT. SD Negeri 16 Sido Mulyo.
Asesmen dalam konteks Pendidikan Luar Biasa (PLB) merupakan suatu kegiatan fundamental yang dirancang untuk mengumpulkan informasi atau data relevan mengenai seorang individu. Tujuan utamanya adalah menjadi dasar dalam pengambilan keputusan yang tepat terkait intervensi pendidikan. Informasi dan data yang diperoleh dari asesmen ini secara spesifik berfokus pada identifikasi kekuatan (potensi) serta kebutuhan individual masing-masing peserta didik.
Saat ini, kegiatan asesmen menempati posisi sentral dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan luar biasa. Asesmen tidak hanya berfungsi sebagai alat evaluasi, tetapi juga menjadi pedoman krusial dalam menentukan tindakan dan program pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Melalui asesmen yang komprehensif, pendidikan yang diberikan dapat disesuaikan secara individual dengan karakteristik, gangguan, atau kelainan yang dialami oleh anak, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan sesuai dengan kapasitas mereka.
Kegiatan ini berorientasi pada peningkatan efektivitas dan efisiensi pendidikan, yang mencakup peningkatan hasil belajar peserta didik, penguatan budaya lokal dalam proses pendidikan, serta peningkatan sinergi antara orang tua, masyarakat, dan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan.